Minggu, 14 Februari 2010

FAUNA DI TULUNGAGUNG


BURUNG
Ø Wallet untuk diambil sarangnya untuk pengobatan, sarang wallet mengandung nilai ekonomis yang tinggi.
Ø Burung Puyuh untuk diambil telurnya dan ada pula yang diambil dagingnya.
Ø Dan ada banyak jenis burung yang diternakkan untuk diambil keindahan bulu dan suaranya, contoh yang diambil keindahan bulunya adalah merak, nuri, kaka tua.

AYAM
Ø Ayam betina untuk diambil dagingnya beserta telurnya dan ada beberapa yang diambil bulunya untuk kerajinan seperti : kemucing.
Ø Ayam jantan untuk diambil daging, bulu dan ada beberapa yang memang dipelihara (ayam kate).

BEBEK
Ø Bebek untuk diambil daging dan telurnya yang biasanya diasinkan untuk dijual kembali.

KAMBING
Ø Kambing untuk diambil daging, kulit dan tanduknya yang biasa digunakan untuk souvenir.
Ø Kambing etawa untuk diambil susunya yang dipercaya untuk kesehatan dan pengobatan.

SAPI
Ø Sapi kebanyakan untuk diambil dagingnya dan ada pula yang diambil kulit dan ada pula yang diambil kulit dan susunya (sapi perah)

BIAWAK
Ø Banyak terdapat di Tulungagung bagian Selatan karena hutan gundul dan diburu jumlahnya berkurang dan mulai jarang ditemukan.



KELELAWAR
Ø Kelelawar adalah hewan nokturnal (hewan malam) dan masih dapat dilihat di sekitar kita pada malam hari, pada malam hari ia biasa mencari buah dan serangga.

KUNANG-KUNANG
Ø Hewan ini termasuk dalam kategori hewan nokturnal (hewan malam) ciri khas hewan ini ialah ia dapat mengeluarkan cahaya karena kecil ia sukar dilihat kalau tidak bergerombol.

IKAN AIR TAWAR
Ø Ikan yang banyak diternak di Tulungagung ialah gurami, lele, lohan sebagai ikan khas, Arwana juga sebagai ikan hias, ikan mujair sebagai ikan konsumsi.
Ø Ikan yang hidup di sungai, waduk, dan danau pada umunya adalah ikan konsumsi yang banyak dipancing oleh nelayan tetapi banyak ikan yang dipelihara sebagai ikan hias.

CACING
Ø Cacing hidup ditempat yang becek, ia bermanfaat untuk mengurangi sampah organik dan menjaga kesuburan tanah. Ia juga merupakan makanan lezat bagi burung, ayam, itik dan bebek.

TIKUS
Ø Tikus merupakan hama yang mengurangi hasil pangan Tulungagung kususnya bagi tanaman padi, musuh terbesar hewan ini ialah manusia dan terutama kucing dan ular. Tikus memakan daun-daun padi dan beberapa hasil palawija yang berupa biji-bijian.

KELINCI
Ø Hewan ini termasuk herbifora, ciri khasnya adalah telinganya yang panjang dan berdiri. Hewan ini di pelihara sebagai hewan kesayangan, dijual kembali, dan ada pula yang digunakan sebagai konsumsi.

KERA
Ø Kera tak banyak habitatnya di Tulungagung. Salah satu habitat kera yang terkenal ialah di daerah Ngujang, konon kera di Ngujang ini mengandung nilai mistis yang dipercaya bagi warga Ngujang dan sekitarnya.
TUPAI
Ø Hewan yang terkenal manjat ini merupakan musuh bagi petani kelapa, oleh karena itu ia diburu dan ada juga sengaja diburu untuk dikonsumsi.

KUCING
Ø Sebagian besar kucing di Tulungagung adalah kucing dipelihara sebagai hewan kesayangan tapi ada juga yang sengaja dipelihara untuk membasmi tikus.

ANJING
Ø Kebanyakan anjing di Tulungagung dipelihara sebagai hewan kesayangan atau sebagai penjaga rumah.

DOMBA
Ø Domba, banyak orang mengira ia adalah kambing tapi bukan hanya mirip dan memang masih bersaudara. Ia diternakkan untuk diambil bulunya untuk bahan baku kain woll. Jumlahnya tak banyak di Kabupaten Tulungagung ini.

BEKECOT
Ø Kebanyakan hewan ini tidak diternakan, ia hidup di tempat yang lembab. Hewan ini biasa dikonsumsi lauk paku. Ia memakan dedaunan dan mudah ditemukan di musim hujan.

Suport By : RIZKY KOMPUTER Jl. Mastrip Beji Boyolangu Tulungagung Melayani : Pengetikan, Rental, Servis, Scaner, Jual Beli, Shooting & Editing Video HP. 081335991179

Buku Pendidikan Islam untuk Anak di AS "Menyesatkan"Sebuah buku teks serial tentang islam untuk anak-anak di Amerika serikat ditengarai mengandung retorika yang menghasut dan menyesatkan. Salah satu ketidakakuratan dalam buku itu adalah menggambarkan pemeluk Islam kerap menunjukkan rasa "permusuhan" dan "mudah curiga".(baca selengkapnya)

Pengamanan Obama Menyalahi Prosedur
Mantan Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI (Purn) Tyasno Sudarto, mengatakan, pengamanan Presiden Amerika Serikat Barack Hussein Obama yang dibawa langsung dari negaranya sudah menyalahi prosedur. Hal itu justru menunjukkan bahwa Indonesia sebagai negara yang terjajah oleh AS.(baca selengkanya)

Jadwal Baru, Obama ke Indonesia 23-25 Maret 2010

Presiden Barack Obama akan tiba di Jakarta pada 23 Maret 2010 dan akan meninggalkan Indonesia pada 25 Maret 2010. Namun, Obama dipastikan tidak akan membawa keluarga seperti yang direncanakan sebelumnya.(baca selanjutnya)

Epilepsi Bukan Penyakit Menular
Secara umum masyarakat di Indonesia salah mengartikan penyakit epilepsi. Akibatnya, penderita epilepsi sering dikucilkan. Padahal, epilepsi bukan termasuk penyakit menular, bukan penyakit jiwa, bukan penyakit yang diakibatkan "ilmu klenik", dan bukan penyakit yang tidak bisa disembuhkan...(baca selengkanya)

Kangkung Si Pengusir Racun
Kangkung termasuk sayur yang sangat populer. Biasa dibuat tumis, cah, atau lalap. Kangkung ternyata juga berkhasiat sebagai antiracun dan bisa mengobati berbagai gangguan kesehatan.(baca selengkanya)




Tidak ada komentar:

Posting Komentar